Rabu, 09 Februari 2011


Catatan Renungan Alkitab.
1.        Joh.15.1-8 : Apakah kita masuk pada ranting2x anggur dan kita juga dimintaNya agar berbuah yang lebat dan tidak asal berbuah. Karena apa sdr/i; Dia telah memberikan yg terbaik, juga isilah kekosongan hatimu dalam Dia  dna jangan ambil jalan pergi ke Mall, karena survey membuktikan ke Mall adalah mengisi waktu kosong dengan pikiran yg stress,kosong dll. Baca isi syarat ingin berbuah yg lebat dlm Maz1.1-3 dan buka buku Hl.186:7. Maka marbuah naramosma dan jangan tangung2x dan selalulah bertanya pada Tuhan ( Maz 21:16.Amin
2.        Nahum 1.:7 Psal2x Pangapohon dalam duka.
3.        Roma 15:1-6 : Dalam acara 2x pasti terkadang ada acara makan, yg miss Tumpuan, STM, dll.Tapi yg terkadang justru itu yg kita kejar bukanlah tujuan ibadahnya atau acara materi kumpulannya.Nats ini menekankan agar dalam wadah tersebut hendaklah dalam satu Visi, Misi, Tujuan yg walaupun kita berbeda status, pekerjaan dll.
4.       2 Musa 3.1-8 :Nats : Pasal pnggilan Allah pada Musa yg masa diPengembalaan di bukit Horeb, dan juga dimana terjadinya Halongangan Musa ata kobaran api tapi Naporon tidak terbakar, dan juga dimana Musa melihat Israel doruh2x di Mesir yg juga serta Allah mengatakan Domma Hudidah doruh2xni sidea ( Ayat 7 ) juga dalam Nats Naporon tidak terbakar menandakan besertanya kehadirian Rohul Kudus yg juga sekaligus Allah akan turun untuk menyelamatkan Israel.
5.        2 Timoteus 1-7 Nats : Surat Paulus yg kedua kalinya pada Timoteus : Dimana mendorong Timoteus agar semangat terus dan jgn mundur dan tetaplah menjadi teladan dlm pengembalaannya, yg mana memanng disaat tsb Timoteus masih muda dan masih canggung untuk melayani, dan Paulus memberi dorongan agar Timoteus jadilah seperti Tentara Yesus yg tetap bersama2xmerasakan manis dan pahitnya kehidupan yg tentu saling menopang dan mendukung.Juga Paulus memberi contoh semasa dia di penjara tetap kuat yg walau tertutup dlm penjara yg semuanya tidak ada akses2x melanyani tetapi Firman Tuhan tidaklah tertutup, dan inilah dorongan Paulus pada Timoteus agar selalu kuat dlm menjalankan pelayanannya.
6.       Kisah Para Rasul 24;16 : Nats menekankan bagaimana yg sebenarnya hati nurani yg murni dan apa tujuan  hati nurani ( Ibrani 5:14 ) yg juga artinya kita tahu mana yg baik dan jahat ( Tim 1:19 ) yg sekaligus diartikan kita mampu mengalahkan dosa yg bukanlah harus kita mngukur berapa lama kita jadi Kristen, akan tetapi juga kita harus mampu membuat kesaksian bagi yg lain ( Lah. 24:25-26 ) maka jikalau begitu kita akan sehat dan hidup syaloom ( Maz 32:1-4 ) yg tentu jika kita sehat maka Iman kita akan sehat.Maka mari kita pupuk hati nurani kita bersama denga roh kudud agar hati nurani kita tidak rusak, sebab jikalau rusak maka : Adanya sikap mendua pada Tuhan, Yesus Yes.. dan Iblispun Yes..
7.        Josua 1:5 Nats : dimana prinsip dlm tugas baru pada Josua dari Musa  yg harus mempunyai tanggung jawab dan Josua dipilih Tuhan  juga seperti Musa untuk melanjutkan tugas dari Musa dan Tuha tetap berjanji akan memberi jaminan pad a Josua terlebih membawa Israel ketanah Kanaan.
8.       Jeremia 29:11: Artinya dimana Tuhan tdk lah pernah merencanakan akan kehancuran  dll.Artinya semua rencana Tuhan adalah yg terbaik, maka untuk itu kita sudah seharusnya selalu berdoa dlm hidup ini.
9.       2Petrus 1-8: yakni : 1. Kita hrs mampu bersyukur atas kuasa Tuhan, apalagi kita sudah dimerdekakan olehNya. 2. Orang Kristen jangan ibarat kapal selam yg lebih lama tdk nampak begitu juga dlm beribadah. 3. Maka berusahalah mengembangkan, melatih diri mengenal Tuhan, karena semua Tuhan sudah cukupkan seperti dlm ayat 3-4, yg tinggal apa kita dpt memakainya atau tidak ( Ayat 5-8 ) 4. Kejarlah Kerajaan Surga agar kita menikmati kerajaanNya. 5. Tetapi merenunglah selalu.
10.     Jes.32:1-8 : Dlm Advent : Yakni kita yg selalu dalam penantian kehadiran Yesus yg kedua kalinya, karena Dia sudah lahir pada 2000 thn yg lalu. ( Ayat 1 : Dimana sikap Tuhan yg adil dan sikapNya dalam kebenaran yg dibawaNya sesuai dengan FirmanNya.) ( Ayat 2 : Dimana ada prsiapan dlm diri kita dlm penyambutan kedatanganNya yg ke 2xnya, dan adanya sikap suci dlm diri kita) ( Ayat 5-8 : Hilangkan kebiasaan sifat 2x memilih sipandai dan si bodoh yg artinya  hal yg terhormat adalah orang yg mau melayani, seperti ayat 8. Dan inti dari nats ini adalah : Perlu salju sifatnya, putih hatina, dll dan inilah yg disebut terhornat/ sangap yg selalu tinggi kepercayaannya.
11.      Lukas 21 : 25-33 : Artinya bila ada khabar tamu yg akan datang sudah pasti kita siap mempersiapkannya, begitu juga bila Tuhan sudah akan datang kedunia ini apa persiapan kita karena  kedatanganNya akan justru memberi tanda-tanda  miss : Matahari akan gelap, yg berarti semuanya habis , sirna, maka bila tanda2x akan datang seperti seruan Tuhan “ Tegaklah kepalamu karena Dia akan datang yg kedua kalinya, yg boleh kita lihat kedatangan Yesus kita tidak tahu seperti panangko borngin, dan ketika Dia datang sambutlah penuh sukacita.
12.     Epesus 6:10a dan Mat 1:23 : Artinya kita sudah Immanuel dan dengan kelahiranNya kita dituntut semangat, dan Yesus lahir dikandang domba membuat kita hidup damai, bersatu na oleh karena itulah perlunya ada aksi nyata dari kita dalam kehadirannya miss: Aksi Sosial, Perpuluhan, dll, dan kita dituntut tetap semangat.
13.     Jesaya 1:18 : Gerger songon Dandap.....
14.     Hesekiel:34:16 Ada pengharapan dari Allah...agar kita bersukacita.
15.     Parisei dan Saduki orang yg selalu membenci Yesus yg sama seperti Herodes yg penuh kepura2xan akan tetapi takut kehilangan jabatan/ Kerajaan.
16.     Galatia : 6:2: Ada Holong.
17.     Sepanya 3:9-13: Dlm Nats : Sepanya dlm masa  penyusunan bahan2x Liturgis dan juga Nabi Sepanya  memperingatkan bangsa Juda agar menghilangkan sifat palsu dn nabi-nabi palsunya, dan Sepanya dlm firmannya dlm ayat 9-18: Agar ada pertobatan. Maka rincian dlm nats ; Bindu 3:1-8 Inilah ciri2x orang yg mau bettobat dan  Bindu 3: 1-8 : Ciri-ciri orang yg tidak mau bertobat dan dlm ayat 10 artinya : dlm hidup ini tetap ada puji2xan dan ayat 11: artinya semuanya dikuduskan dan kita akan diajarkan merendah diri, dan semuanya akan diperlengkapi olehNya dan Sima2x Israel artinya kitalah pada masa sekarang ini.
18.     Amsal 3:9 : Harta itu kemuliaan bagi Tuhan, harta hanya sementara dan dlm ayat  10 artinya Bila berkat yg kita terima dlm penghasilan pertama kita marilah kita serahkan pada Tuhan dan yakinlah berkat Tuhan akan berlimpah dan Tuhan pasti memenuhi kewajiban2x yg akan kita penuhi yg walaupun memberi itu terkadang berat.
19.     5Musa 8:11-18 : Yakni : 1 Perlunya tetap berterimakasih.2 Kehawatiran Musa pd sikap Israel jika sudah masuk ke Kanaan berobah sikap, yg selama di perjalanan taat pada Tuhan dan jika masuk ke Kanaan berobah sikap.3. Seruan Musa pada Israel untuk bersyukur, berterimakasih atas kasihNya.4 Juga seruan Musa ase jagama dirimu... karena apa? Tuhan paridop uhur yg tetap menyalurkan kasihNya.
20.    Mat 4:12-17: Ilustrasi: Jikalau jalan dikegelapan tentu kita merasa gelap, Khawatir.cemas.dll.Arti dlm Nats: 1. Golpa2x Allah  dlm situasi kita di jalan kegelapan  yg walau ada masalah ,pergumuluan,dll yg bisa membuat kita jatuh dlm iman percaya. 2. Arti antara Nagori Zebulon dan Naptali  ( 13-15) yakni keturunan Israel yang jadinya Murtad, yg jln dikegelapan. 3. Yg paling menarik dlm nats di ayat 17b: Paubah.... yg artinya kita mau berubah diri, mau marparsaoran hubani Naibata, dompak hasoman,dll, artinya kita mampu mengepaluasi diri.
21.     Galatia 6:9 : Suatu waktu kita akan menuai, maka jngn bosan2x memberi yg baik.
22.     Johannes.1.43-51: Ilustrasi: Banyak cara ikut Kristen : Miss: Garis keturunan dari Ayah ke anak,dll., juga bisa masuk karena pengelihatan miss: baik, pengasih,dll.Makan dlm nats Pilipus dlm pengelihatannya masuk Kristen dan Natamael masuk Kristen karena melihat kerja Pilipus dan kita juga sebagai Kristen apa yg perlu kita perbuat, apa hanya kepura2xan saja atau Kristen seperti kapal selam kah kita, mari kita ikut seperti Pilipus yg tetap setia dalam kekristenannya, dan begitu juga Nathanael yg membuat kesaksian  yg bersama2x dengan Yesus yg akhirnya jadi pelayan.
23.     2 Samuel 7:29 yakni pasal Tuhan selalu memberkati pelayan2xNya.
24.    1 Korint 13:13 dimana hidup ini ada Pengaharapan, Haporsayaon dan mengingat yg sudah lewat, yg tujunnya untk menggapai keutuhan iman percaya kita pada Tuhan.
25.     Matius 8:5-13: Atinya: Kerja Yesus ada 3 bagian : 1. Sebagai Malim, 2. Thabib. 3 Jadi Guru. Maka dalam nats ini dapat dilihat yaitu Yesus sebagai Thabib, yakni dimana kepedulian seorang kepala tentara bersembah pada Tuhan yg sebenarnya dlm tradisi mereka bila bersembah adalah kapir, danbila menerima seperti Yesus juga dapat dihukum, dicela,bahkan dipecat, yg juga dpt kita lihat bagaimana kepedulian kepala tentara tersebut pada anggotanya. Nah disinilah Yesus bingung dan heran dan berpikir : sedang bangsaku sendiri ( Israel ) tidak ada yg demikian....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar